Kalau Anda mengunjungi ibu kota Jawa Timur ini, coba berkunjung ke tempat wisata kuliner Surabaya ini.

Nasi Goreng Jancuk Surabaya
Nasi Goreng Jancuk Surabaya
  1. Nasi Goreng Jancuk

Kalau ada satu kata yang mengingatkan orang akan Surabaya, maka kata terakhir di tempat wisata kuliner Surabaya ini merupakan kata yang tepat. Meski Anda akan mendapatkan nasi goreng di mana saja, Nasi Goreng Jancuk merupakan destinasi kuliner Surabaya yang jangan sampai Anda lewatkan ketika berada di sini.

Asal namanya juga spontan. Nasi Goreng Jancuk berasal dari sebuah umpatan pelanggan sesaat setela mencicipi sajian nasi goreng. Koki yang memasak menu ini untuk temannya sengaja menambahkan cabai rawit yang banyak dan saat sendok pertama nasi goreng sampai di lidah teman si koki, spontan mengumpat, “Jancuk! Pedes, Cuk!”

Kalau ingin menikmati nasi goreng Surabaya, ada baiknya Anda ditemani. Porsinya banyak, cukup untuk empat sampai lima orang.

Klik : Paket Wisata Surabaya Bromo Malang dari Bandung

Es Krim Zangrandi Surabaya
Es Krim Zangrandi Surabaya
  1. Es Krim Zangrandi

Tanpa polusi Surabaya sudah cukup panas, mirip Jakarta. Tingginya suhu kota dipengaruhi kondisi geografisnya yang berada di kawasan laut. Itu sebabnya mencari kudapan menyegarkan tentu bisa mengurangi suasana hati yang ikut gerah disebabkan cuaca.

Cobalah berkunjung ke Zangrandi. Kedai es krim ini sudah legendaris di kalangan pecinta kuliner. Sejak 1930, kedai ini jadi bagian Surabaya. Zangrandi didirikan Roberto Zangrandi, lelaki berkebangsaan Italia menggunakan resep es krim sang istri. Saat Zangrandi kembali ke Italia tahun 1960, Adi Tanumilia, pengusaha winery, membeli kedai dan juga resep es krim Zangrandi.

Sate Klopo Ondomohen Surabaya
Sate Klopo Ondomohen Surabaya
  1. Sate Klopo Ondomohen

Klopo merupakan bahasa Jawa untuk kelapa. Sate Klopo Ondomohen itu sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum, dibakar lalu disajikan dengan bumbu sate. Namun, walaupun terlihat serupa, Anda bisa merasakan perbedaan yang lebih menggoda. Irisan sate ini lebih besar dan dibumbui dulu memakai kelapa sangrai, inilah menyebabkan Sate Klopo Ondomohen jadi lebih gurih. Bermodalkan Rp20.000,00, Anda akan mendapatkan seporsi Sate Klopo Ondomohen

Klik : Paket Wisata Bromo Malang Batu Murah

Soto Ayam Lamongan Cak Har
Soto Ayam Lamongan Cak Har
  1. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Tak jauh dari ITS, Anda dapat menemukan wisata kuliner Surabaya yang sangat terkenal. Bukan hanya di kalangan mahasiswa, pengunjung dari banyak kalangan datang berbondong ke Jalan dr. Ir. H. Sokearno (Merr) Surabaya demi menikmati kuliner Surabaya ini. Pasalnya, soto ayam dihidangkan berhasil menjadikan ketagihan dan juga ramah kantong yang harga sekitar Rp20.000,00-an. Kalau Anda tidak menyukai bagian tertentu, Anda dapat mengutarakannya. Misalnya, Anda memesan soto ayam dengan daging dada tanpa kulit. Maka yang tersaji dalam mangkuk adalah daging dada tanpa kulit dan campuran lainnya. Kuah kuningnya segar dan juga menggoda penglihatan maupun pengecap. Aroma kaldunya menyerbak dengan kepulan uap hangat. Anda menyukai koya pun bisa tambahkan sendiri sesuai yang Anda mau tanpa perlu membayar lebih.

Klik : Paket Wisata Bromo Malang Batu 3 Hari 2 Malam

Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Lontong Balap Garuda Pak Gendut
  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Kalau Anda mencari kuliner khas Surabaya, lontong balap jawabannya. Kuliner nusantara ini terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan juga sambal dengan kuah segar. Ditambah lezatnya sate kerang dan juga es kelapa muda.

Ada banyak tempat menyajikan kuliner Surabaya ini. Tapi kalau Anda tak ingin mencoba dan kecewa, datanglah saja ke Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lokasinya di depan bekas Bioskop Garuda, di Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya. Meski berjalan lebih dari empat dekade, kualitasnya tetap terjaga. Cara memasak dan juga bumbu yang jadi warisan keluarga, tak heran penikmatnya semakin banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here