Ini dia lanjutan 15 Wisata Kuliner Semarang Wajib Dicoba Bagian 2 setelah menyelesaikan wisata kuliner di Semarang bagian 1.

  1. Waroeng Semawis

waroeng semawis

Wisata kuliner Semarang satu ini hanya buka malam hari saja. Antusias pecinta wisata kuliner Semarang terlihat jelas saat mereka meramaikan Waroeng Semawis di malam akhir pekan. Tujuannya untuk menyantap menu oriental dan juga nusantara yang ada di tempat kuliner di Semarang ini. Waroeng Semawis ada di Jalan Gang Warung No. 50, Kauman, Semarang Tengah. Pilihan makanan  di sini ada nasi gudeg, nasi pindang, sate sapi, dan juga hidangan seafood. Sementara pilihan minumannya, Anda dapat mencicipi wedang ronde serta aneka teh dengan banyak merek tempo dulu.

Klik : Paket Wisata Pulau Komodo Murah

  1. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik

Es Cong Lik memiliki banyak pilihan es puter contohnya es puter cokelat, kopyor, leci, sirsak, kelengkeng, blewah, alpukat, kacang dan juga durian. Pilih sesuai selera Anda sebab semua rasanya menawarkan kelezatan yang tak berbeda. Porsi es puter disajikan tidak begitu besar, namun cukup dengan komposisi 1-2 scoop es krim.

Ukuran warung tenda memang tempatnya tak terlalu besar, harga Es Puter Cong terjangkau, sekitar Rp10-12 ribu. Penamaan Cong Lik berasal dari akronim “Kacung Cilik” yang artinya “pembantu kecil”. Nama ini digunakan sebab sang pemilik, Pak Sukimin, pernah jadi pelayan orang Jepang di masa muda. Dia dikenal sebagai pekerja ulet dan lincah saat berjualan es keliling di kawasan Mataram dan juga Pecinan. Sekarang penjualan es puter dilanjutkan generasi kedua Pak Sukimin, yaitu Pak Imam Suwarto. Anda dapat membeli Es Puter Cong Lik di Jalan K.H. Ahmad Dahlan A No.11, Karangkidul, Semarang Tengah.

  1. Mie Siang Kie

Mie Siang Kie

Kedai mie ini sudah berdiri sejak zaman Belanda, memiliki menu andalan mie pangsit. Satu porsi disajikan dengan serpihan telur dadar, pangsit rebus isi daging babi, irisan tipis daging ayam, tahu bakso, bakso ikan dan juga kekian udang. Disajikan lengkap dengan kuah kaldu isi sawi hijau, kelezatan Mie Siang Kie tak perlu diragukan. Buka tiap hari pukul 08.30 hingga 16.30, kedai ini selalu padat, terutama warga keturunan Tionghoa.

Klik : Paket Wisata Aceh Hemat

  1. Pisang Plenet

Pisang Plenet

Sesuai namanya, Pisang Plenet adalah pisang bakar dibuat dengan ditekan sampai pipih. Penyajiannya dengan aneka toping, misalnya cokelat, keju, selai stroberi, selai nanas, serta kacang. Penyedia kuliner Pisang Plenet ini bisa Anda temukan di tiga lokasi. Masing-masing lokasinya di seberang Mal Sri Ratu Pemuda, Jalan Gajah Mada, dan juga Pasar Semawis. Walaupun simpel, kuliner Semarang ini masuk sebagai kuliner legendaris, ada Pisang Plenet Pak Tuko di Jalan Pemuda, yang melayani pembeli sejak 1960an. Saat ini Pisang Plenet dikelola generasi kedua Pak Tuko. Namanya Pak Turdi.

  1. Soto Bangkong

Soto Bangkong

Kuliner soto adalah sajian yang relatif gampang ditemukan di beberapa kota di Indonesia, demikian juga ketika Anda mengunjungi Semarang. Tempat soto paling terkenal yang ada di Semarang yaitu Soto Bangkong. Tempat kuliner Semarang ini melayani pembeli sejak 1950an. Meskipun namanya sendiri adalah soto bangkong, soto ini tak ada daging kataknya (bangkong). Nama bangkong diambil dari nama jalan tempat jualan. Lokasi ini namanya Jalan Brigjen Katamso No. 1, Peterongan, Semarang Selatan.

Soto bangkong isinya ayam suwir, irisan tomat, bihun, tauge, dengan taburan bawang putih serta bawang merah. Penyajiannya lengkap dengan kuah bening kecokelatan dari campuran kecap. Kuliner khas Tionghoa ini dapat Anda nikmati dengan membayar Rp10.000,00 saja. Selain ada sajian soto, Anda juga dapat menyantap menu lain, seperti ayam goreng, garang asem, sate ayam, sate telur puyuh, sate kerang, tempe bergedel, brutu goreng dan semur, rempelo ati goreng atau semur, serta menthok goreng.

Klik : Paket Wisata Bali-Lombok Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here